Passive Voice

2 Jun

Sama seperti dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris juga ada yang namanya kalimat passive / passive voice. Masih ingat kan pelajaran kita tentang 12 tenses? Nah, kalimat-kalimat yang kita bahas dalam tenses waktu itu adalah kalimat aktif/active voice. Untuk mempelajari kalimat pasif tentu saja kita harus benar-benar mengerti 12 tenses supaya kita nggak bingung. Jadi, coba dipahami dulu tensesnya baru kalau sudah paham bisa dilanjutkan dengan belajar kalimat pasif.

Okay, sebenarnya apa sih kalimat pasif itu? Supaya lebih jelas, saya akan buat contoh:

  1. Saya telah menjual mobil.(kalimat aktif)
  2. Mobil telah dijual (oleh saya).(kalimat pasif)

Perhatikan 2 kalimat di atas. Kalimat yang pertama adalah kalimat aktif, sedangkan kalimat yang ke 2 adalah kalimat pasif. Sudah tahu bedanya? Ya, betul. Jadi kalimat pasif adalah kalimat yang subjectnya dikenai suatu tindakan. Dalam kalimat pasif biasanya ada awalan di atau ter. Kalimat pasif selalu menggunakan kata kerja bentuk ke 3 atau verb 3. Masih ingat, kan? Kalau lupa harus baca lagi tentang kata kerja dan irregular verbs, ya?

Sekarang kita lanjutkan lagi.

Contoh kalimat di atas akan kita buat dalam bahasa Inggrisnya:

  1. I have sold the car.
  2. The car has been sold (by me)

Bagaimana membuat kalimat pasif? Dalam membuat kalimat pasif tentu ada rumusnya, tapi jangan takut asal ada kemauan pasti bisa. Kalau Anda sudah hafal dengan tenses, pasti Anda bisa. Kalau belum hafal tenses, gimana? Ya, pasti bisa juga. Pokonya kalau kita mau belajar, kita pasti bisa melakukannya. Di Amerika aja anak kecil pada pinter bahasa Inggris kok he he

Kita lanjutkan, ya? Apakah bentuk kalimat pasif itu tergantung tensesnya? Ya, betul sekali. Pokoknya dalam membuat kalimat bahasa Inggris, tenses tak pernah lepas karena itu yang akan menentukan kalimat yang akan kita buat. Misalnya:

  1. Mobil saya dicuci setiap hari.
  2. Mobil saya akan dicuci.
  3. Mobil saya telah dicuci.

Dalam bahasa inggris, kalimat tersebut menjadi:

  1. My car is washed every day.
  2. My car will be washed.
  3. My car has been washed.

Sudah jelas, kan? Kalau sudah jelas, sekarang akan saya berikan kalimat aktif dan pasif dalam 12 tenses. Perhatikan baik-baik, ya?

1. PRESENT

1. Simple Present Tense

Aktif : Dewi buys a car.

Pasif  : A car is bought by Dewi.

2. Present Continuous Tense

Aktif : Dewi is buying a house.

Pasif : A house is being bought by Dewi

3. Present Perfect Tense

Aktif : Dewi has bought a house.

Pasif : A house has been bought by Dewi

4. Present Perfect Continuous Tense

Aktif : Dewi has been buying a house.

Pasif : A house has been being bought by Dewi

2. PAST

1. Simple Past Tense

Aktif : Dewi bought a car.

Pasif : A car was bought by Dewi.

2. Past Continuous Tense

Aktif : Dewi was buying a car.

Pasif : A car was being bought by Dewi.

3. Past Perfect Tense

Aktif : Dewi had bought a car.

Pasif : A car had been bought by Dewi.

4. Past Perfect Continuous Tense

Aktif : Dewi had been buying a car.

Pasif : A car had been being bought by Dewi.

3. FUTURE

1. Simple Future Tense

Aktif : Dewi will buy a car.

Pasif : A car will be bought by Dewi.

2. Future Continuous Tense

Aktif : Dewi will be buying a car.

Pasif : A car will be being bought by Dewi.

3. Future Perfect Tense

Aktif : Dewi will have bought a car.

Pasif : A car will have been bought by Dewi.

4. Future Perfect Continuous Tense

Aktif : Dewi will have been buying a car.

Pasif : A car will have been being bought by Dewi.

Okay, kita sudah belajar tentang kalimat pasif hari ini. Supaya mahir, Anda harus melatihnya. Untuk latihan saya akan memberikan 10 soal untuk Anda pakai latihan. Tapi bila kurang, Anda bisa membuatnya sendiri to? Nah, supaya tahu jawaban yang benar, pada postingan yang akan datang saya akan berikan jawabannya.

A. Buat kalimat di bawah ini dalam bahasa Inggris. (Ingat, ada yang aktif dan ada yang pasif, jadi perhatikan kalimatnya)

  1. Anda sedang diajar Bahasa Inggris oleh saya.
  2. Saya sedang menulis pelajaran Bahasa Inggris.
  3. Handphone saya telah dipinjam oleh teman.
  4. Gambar saya diambil oleh wartawan kemarin.
  5. Kami akan nonton bioskop minggu depan.

B. Ubahlah kalimat aktif di bawah ini menjadi kalimat pasif.

1. I understand English a little.

2. They were calling her in this room at 7.00 am.

3. He has taught you for 3 months.

4. Yunaz gave you a gift.

5. I will write the answer of the questions next week.

Nah, sekian dulu pelajaran tentang kalimat passive hari ini.Enjoy your English learning and see you on the next lesson.

About these ads

12 Tanggapan to “Passive Voice”

  1. Vera 22 Juni 2010 pada 21:50 #

    Kalo lbh lgkap lg, mgkn akan lbh menarik

  2. bimo 27 Agustus 2010 pada 18:34 #

    baguss… tp tolong diberi rumusnya biar tau itu verb 2 ato verb 3??

  3. kristy 21 September 2010 pada 21:28 #

    makasih..
    jangan lupa kasih rumusnya y

  4. mbokratu 21 September 2010 pada 21:45 #

    Ya deh, nti kalau dah ada waktu kukasih rumusnya. Sabar yaaa….

  5. Rini 19 Oktober 2010 pada 18:28 #

    klo beloh di beri latihan-latihannya juga. dan bentuknya itu bervariasi..
    makasih

  6. ningsyafitri 8 November 2010 pada 16:15 #

    trmksh atas artikelx. Sgt mmbntu… :)

    • mbokratu 8 November 2010 pada 23:07 #

      Alhamdulillah, mudah-mudahan bermanfaat

  7. ningsyafitri 8 November 2010 pada 16:20 #

    sy izin yah, sy nge add kk di link sy… Thx…

  8. dan 17 Januari 2012 pada 06:42 #

    terima kasih…
    sangat membantu…

  9. Ida 14 November 2013 pada 14:26 #

    T0l0ng krm c0nth klmt 2 pasive past simple tense

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: