TAG QUESTIONS (Pertanyaan dengan akhiran tanya)

6 Jul

Dalam percakapan, kita sering mengucapkan atau mendengarkan ungkapan seperti ini:

  1. Kamu sudah makan, kan?
  2. Dia cantik, bukan?
  3. Kamu tidak  marah, kan?

Dalam bahasa Inggris, ungkapan di atas dinamakan tag questions. Tag question adalah kalimat pernyataan yang diakhiri dengan pertanyaan. Kalimat tersebut digunakan agar si pendengar memberikan penegasannya. Tag questions juga digunakan untukmenanyakan sebuah pertanyaan atau meminta konfirmasi tentang sesuatu yang sudah kita ketahui.Misalnya, saya punya anak laki-laki yang ganteng. Tapi teman saya tuh nggak percaya. Nah, begitu teman saya ketemu dengan anak saya, saya bilang pada teman saya: Anak saya ganteng, kan? Contoh lain, misalnya saya berbicara dengan kawan saya yang mengajak seorang yang berwajah Indonesia banget tapi fasih berbahasa Inggris. Nah, untuk menegaskan, saya bertanya kepada kawan saya tersebut: Dia bukan orang Amerika, kan? Contoh dalam bahasa Inggrisnya adalah:

1. He is handsome, isn’t he?

He is handsome adalah kalimat pernyataan positive, sedangkan isn’t he adalah negative tag-nya..

2. He isn’t an American, is he?

He isn’t an American adalah kalimat pernyataan negative, sedangkan is he adalah positive tag-nya.

Jadi, dalam membuat tag questions, ada  beberapa hal yang perlu diperhatikan :

a) Kalau kalimat pernyataan positif, maka tag-nya adalah negative/ negative tag:

He is sleeping, isn’t he? Ia sedang tidur,bukan?

b) Kalau kalimat pernyataan negatif, maka tag –nya positif/ positive tag:

She didn’t want me, did she? Ia tidak menginginkanku, bukan?

c) Tense dari tag harus sama dengan tense dalam kalimat utama:

She works hard, doesn’t she? Dia bekerja keras, bukan?

Lihatlah bahwa kedua kata kerja adalah dalam present tense.

He slept well, didn’t he? Ia tidur, bukan?

Kedua kata kerja di atas dalam bentuk past tense.

d. To be, to have, dan modal auxiliaries (kata bantu pengan­daian: shall, should, will, would, can, could, may, might, ought, need) diulang dalam tag. Contohnya:

1. To be

She is learning English, isn’t she?  Ia sedang belajar bahasa Inggris, bukan?

2.To have

She has sent it, hasn’t she? Dia telah mengirim­nva, bukan?

3. modal auxalaries

You can write by yourself, can’t you? Kamu bisa menulis sendiri, bukan?

You must be here, mustn’t you?Kamu harus ada di sini, bukan?

Perhatikan contoh di bawah ini!

  1. I’m not stupid, am I? Saya tidak bodoh, bukan?
  2. I am stupid, aren’t I? Saya bodoh, bukan?

Dari contoh nomor  1 dan 2, kita bisa menyimpulkan bahwa,

Jika kita katakan: I am not stupid, positive tag-nya  adalah am I. Jika kita katakan I am stupid, negative tag ialah aren’t I.

Supaya lebih mahir, perhatikan contoh-contoh berikut ini:

  1. He can sing beautifully, can’t he?
  2. He can’t sing beautifully, can he?
  3. She is a doctor, isn’t she?
  4. She isn’t a doctor, is she?
  5. You live in Lampung, don’t you?
  6. You don’t live in Lampung, do you?
  7. They went to Bali, didn’t they?
  8. They didn’t go to Bali, did they?
  9. You have read the book, haven’t you?
  10. You haven’t read the book, have you?

Jika Anda ingin latihan, silahkan kerjakan soal-soal yang ada di sini.

About these ads

10 Tanggapan to “TAG QUESTIONS (Pertanyaan dengan akhiran tanya)”

  1. pairun 15 November 2010 at 16:06 #

    terima kasih,sangat membantu.

  2. ajiholick 10 Januari 2011 at 16:35 #

    mo tanya dong,,, saya masih bingung kalo nemu kalimat seperti berikut,1) I love you just the way you are.
    2)don’t have to be afraid of what you are.

    Dalam kalimat diatas bagaimana kita mengartikan kata YOU ARE.?? Apakah ada rumusny juga.?? Tolong pencerahanya ya… Baru belajar inggris ne…

  3. mbokratu 26 Januari 2011 at 21:35 #

    1. Dalam kalimat I love you just the way you are, just the way you are menerangkan you dalam kalimat I LOVE YOU. SAYA CINTA KAMU, Nah kata KAMU ditekankan lagi dengan JUST THE WAY YOU ARE (apa adanya kamu). Mudah-mudahan jelas ya?
    2. Don’t have to be afraid of what you are, sebenarnya kalimat ini biasa saja what you are merupakan keterangan dari afraid of. Jangan takut seperti apapun kamu.
    Mungkin ada readers yang akan menambahkan? I really welcome you.

    • ajiholick 7 Februari 2011 at 15:49 #

      terima kasih.. uda ngerti walaupun ga 100%. tpi btw article mengenai bahasa inggris slang diperbanyak lagi donkk…..

      • mbokratu 10 Februari 2011 at 22:31 #

        Alhamdulillah…mudah2an bermanfaat…
        Oke..nti kalau ada waktu akan saya perbanyak slang :)

        • wsutisna 28 Juni 2011 at 10:48 #

          thanks ya mbokratu

  4. Diyanto 12 Oktober 2012 at 14:21 #

    Mind ada aplikasi buat belajar tenses/grammar tidak. Seperti pocket dictionary gitu. S0alnya di pocket itu g’ ada tensesnya.

  5. okto piyansa 10 Februari 2014 at 09:05 #

    Aslm. mbak help me. confuse
    dalam tags question modal auxiliary verb may.
    e.g: you may go there,……? itu tag qustionnya: can’t atau mayn’t. give the reason please! sebelumnya terimakasih… mbak ratu.

  6. Anonymous 3 Maret 2014 at 15:15 #

    mo tanyak donk,saya masih bingung ne
    Contoh:
    Let’s go…………..??
    Let’s dance together…………………?
    Take it to me…………..?
    Throw that garbage……………..?

  7. Anonymous 3 Maret 2014 at 15:16 #

    mo tanyak donk,saya masih bingung ne
    Contoh:
    Let’s go…………..??
    Let’s dance together…………………?
    Take it to me…………..?
    Throw that garbage……………..?
    Jawapin dong ,ya…ya…ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: