Membuat blog di WordPress.com

19 Mei

Aku masih pemula bangets, jadi nggak mungkin aku mau buat tutorial blog. Apa yang akan kutulis ini adalah pengalamanku dari pertama nggak ngerti apa-apa tentang blog, sampai sekarang sedikit mengerti. Sengaja kutulis pengalamanku ini supaya teman-teman yang nasibnya sama seperti aku ini nggak kebingungan. Yaah..sharing is interesting, right? Aku ceritakan dari awal aja, ya?

Semula aku menggunakan internet hanya untuk browsing-browsing aja. Pada saat browsing, yang paling aku sukai adalah blog kesehatannya cakmoki. Aku salut sekali dengan beliau karena sebagai seorang dokter, masih meluangkan waktu untuk bagi-bagi ilmu dan membuka konsultasi. Gratis lagi! Lama kelamaan terbersit dalam pikiranku untuk membuat blog. Aku pikir, lumayan untuk menyalurkan bakat sembari ikut meramaikan dunia mbak maya ini he he he.

Setelah browsing di Mbah Google, akhirnya pilihanku jatuh pada wordpress.com.  Aku kan cari yang gratisan! He he. Inilah yang kulakukan saat mendaftar di WordPress.com:

1. Buka http://www.wordpress.com
2. Klik Sign Up
3. Mengisi form yang disediakan:

a. Username   :  isi nama blog sesuai dengan keinginan.
b. Password   : Isi password/kata sandi.
c. Confirm       : Isi  password yang sama dengan password di atas.
d. Email Address       : Mengisi alamat  email kita.
e. Legal flotsam         : Beri tanda tik di kotak yang tersedia sebagai tanda “setuju” dengan perjanjian.
f. Beri tanda tik pada menu “Gimme a blog”.
g. Klik “Next”
h. Blog Title    : Isi judul yang sesuai.
i. Language     : Pilih Bahasa
j. Privacy         : Kasih tanda tik.

4. Klik Sign Up.  Buka Email dari wordpress.com dan klik link di email tsb untuk verifikasi.
5. Muncul pesan sebagai berikut:

Your account is now active!
You are now logged in as (username Anda).
An email with your username, password, Akismet API key and important links has been sent to your email address.
Write a post, change your template or visit the homepage.

5. Akhirnya aku berhasil membuat blog. Trus login deh ke blog http://www.mbokratu.wordpress.com. Untuk login, harus mengisi user name (nama blog) dan password.

Akhirnya selesailah pembuatan blogku. Langsung posting? Belum donk, aku kan harus mengenal halaman blogku dulu. Nah, itu tadi cerita pengalaman pertama membuat blog. Maklumlah masih newbie dalam dunia perblog-an he he.

3 Tanggapan to “Membuat blog di WordPress.com”

  1. suwarno 21 Mei 2010 pada 20:34 #

    thanks I’ve just copied this posting Mom… I;ll learn more about it…. to make my own blog.

    • mbokratu 22 Mei 2010 pada 12:34 #

      you’re welcome…make it sooner, sir.

      • candle 23 Mei 2015 pada 09:24 #

        Pengen sekali temanya, itu bikin sendiri atau download. pengen tema yang simple aja yg penting informasinya. kasih tau bikinya dong please.

Tinggalkan Balasan

