Mengenal dan Membuat Susu Kedelai

28 Mei

SUSU kedelai adalah produk seperti susu sapi, tetapi dibuat dari ekstrak kedelai. Protein susu kedelai mempunyai susunan asam amino yang mirip susu sapi sehingga sangat balk untuk pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi (lactose intolerance) atau bagi mereka yang tidak menyukai susu sapi. Selain kualitas proteinnya yang balk, susu kedelai juga mengandung asam lemaktidakjenuh esensial (iinolenot) yang cukup tinggi dan tidak mengandung kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat mengurangi timbulnya resiko penyakit degeneratif.

Selain nilai gizinya yang cukup balk, susu kedelai ini juga relatif murah karena menggunakan kedelai sebagai bahan baku utamanya sehingga dapat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Namun pada kenyataannya susu kedelai kurang diminati karena baunya yang langu (rasa kedelai mentah) dan warnanya yang kurang cerah, hal ini dapat diatasi dengan penambahan aroma/rasa tertentu seperti rasa strawberry, coklat, vanilli atau mocca sehingga bau langunya menjadi berkurang dan penampakannya menjadi lebih menarik.

Pembuatan susu kedelai dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan menggunakan alat yang sederhana. Pada prinsipnya pembuatan susu kedelai melalui proses perendaman, penghancuran, ekstraksi dan pemasakan.

Perendaman bertujuan untuk melunakkan jaringan kedelai sehingga lebih mudah dihancurkan. Penghancuran bertujuan untuk memperkecil/ menghaluskan kacang kedelai sehingga ekstraksi susu kedelai lebih mudah dilakukan. Proses ekstraksi bertujuan untuk memisahkan sari/ susu kedelai dengan ampasnya.

Hasil ekstrak susu kedelai dipanaskan dengan tujuan : membunuh mikroba yang tidak diinginkan dan menghentikan ker a enzim yang menyebabkan bau langu. Pada proses pemasakan juga dilakukan penambahan bahan yang dapat memperbaiki rasa, warna, dan penampakan susu kedelai seperti gula, garam, essence, dan CMC. Gula berfungsi sebagai pemanis, garam berfungsi untuk memberikan rasa asin dan membangkitkan cita rasa, essence memperbaiki rasa, aroma, dan warna susu kedelai sedangkan CMC berfungsi untuk menstabilkan susu kedelai agar tidak mudah pecah.

1. Timbang kedelai sebanyak 250 g.

2. Rendam menggunakan air pangs selama 3-4 jam.

3. Kupas kulit kedelai dan cuci bersih.

4. Blender dengan menggunakan 5 liter air matang sampai kacang kedelai benar-benar hancur.

5. Saring hancuran kedelai menggunakan kain Baring sambil diperas dan ekstrak susu kedelai yang diperoleh diukur volumenya.

6. Panaskan susu kedelai pada suhu 70-80°C selama 15 menit sambil dilakukan penambahkan bahan­bahan berikut ini :

BAHAN                         JUMLAH

Gula                                     20%

G a r a rn                            0.1%

Essence                         secukupnya

CMC                                       0.1 %

7. Setelah pemanasan dihentikan susu kedelai dapat langsung dikemas menggunakan kantong plastik dengan volume 200 ml/kantong plastik.

Tip:

Pada perendaman kacang kedelai dapat ditambahkan soda kue sebanyak 0,5% dari jumlah umlah air perendam untuk meningkotKan daya cerna protein kedelai.

  1. Air yang akan digunakan untuk memblender kacang kedelai sebaiknya air matang yang mash pangs untuk mengurangi bau langu kedelai.
  2. Susu kedelai tanpa pengawet sebaiknya disimpan pada refrigerator.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: