Sabar

14 Jul

Sabar. Sabar memiliki makna yang luas. Saya tidak akan berbicara sebagai seorang ustazah, tapi lebih sebagai seorang hamba yang ingin belajar meningkatkan kwalitas keimanan dan kebaikan dalam diri. Saya mencoba memaknai segala yang terjadi dalam hidup ini.

Dalam hidup, setiap orang akan mengalami masalah. Dalam hidup, setiap orang akan merasakan susah dan senang. Dalam kesusahan, tentu ada pelajaran yang dapat dipetik. Karena Allah tidak akan memberikan cobaan kepada ummatnya melibihi batas kemampuan yang dimilki oleh hamba-Nya.

Dalam kesusahan, kita akan merasa bahwa kita sedang mendapatkan cobaan dari-Nya. Namun, sadarkah kita bahwa dalam kesenangan pun kita sedang dicoba oleh Tuhan. Dalam kesusahan, kita pasrahkan segalam permasalahan yang menghimpit kita kepada-Nya. Dalam kesenangan, masihkah kita ingat kepada-Nya?

Apapun yang kita jalani, memang itulah jalan yang harus kita lalui. Bila kita menjadi orang yang terzalimi, tak berarti kita harus membalas dengan kezalaliman. Bersabarlah dan bertawakallah. Bila kita kekurangan harta, bersabarlah dan berusahalah. Bukan berarti kita mencari jalan pintas untuk mendapatkannya.

Harta adalah titipan. Bila Dia akan mengambil, tak ada seorangpun yang dapat mencegahnya. Namun, bila Dia akan menambah, maka akan banyak jalannya. Yang penting, sebagai hamba kita berusaha dengan cara yang baik, dengan cara-cara yang diridoi oleh-Nya. Sesungguhnya kehidupan dunia itu adalah tipuan yang membujuk. Bersabarlah, InsyaAllah Dia tahu yang terbaik bagi kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: