Want

30 Jul

Hari ini saya ingin mengajak Anda untuk belajar bahasa Inggris dengan satu kata yang sangat sederhana yaitu want yang artinya ingin.

1. Want to + Verb 1

Misalnya kita ingin melakukan sesuatu, kita bisa mengungkapkan dengan pola ini. Contohnya:

  1. Saya ingin nonton film/I want to watch the film.
  2. Ayah saya ingin makan sate/My father wants to eat sate.
  3. Mereka ingin main sepakbola/They want to play football.

Sekarang kita buat kalimat negative, ya?

  1. I don’t want to watch the film.
  2. My father doesn’t want to eat sate.
  3. They don’t want to play football.

Kalau interrogative-nya bagaimana, ya? Kita lihat contohya:

  1. Do you want to watch film? Yes/no.
  2. Does your father want to eat sate? Yes/no.
  3. Do they want to play football? Yes/no.

Perhatikan kalau kita buat dengan menggunakan Wh-Questions.

  1. Where do you want to watch the film? I want to watch it in Metro theatre.
  2. What does your father want to eat? He wants to eat sate.
  3. When do they want to play football? The children want to play football later.

2. Want to be + verb 3

Dalam pola ini, kita akan membuat kalimat pasif. Dalam kalimat pasif, subject tidak melakukan pekerjaan tapi malah dikenai pekerjaan, misalnya:

  1. Saya ingin diajar oleh guru/I want to be taught by the teacher.
  2. Bobby ingin diundang di di pesta ulang tahunku/Bobby wants to be invited in my birthday party.
  3. Kamu ingin dicintai oleh Marry/You want to be loved by Marry.

Nah, untuk membuat kalimat neagtive dan interrogative, caranya sama dengan no.1, yaitu dengan menggunakan do/does. Kita buat contohnya, ya?

  1. He doesn’t want to be called Siti/Dia tidak ingin dipanggil Siti.
  2. Do you want to be married by John?/Apakah kamu ingin dinikahi oleh John?
  3. Where do you want to be picked up?/Dimana kamu ingin dijemput?

3. Want to be + adjective/noun

Sekarang kita akan membuat kalimat seperti ini:

  1. I want to be a teacher/Saya ingin menjadi seorang guru.
  2. He wants to be a lawyer/Dia ingin menjadi seorang pengacara.
  3. My younger brother wants to be a soldier/Adikku ingin menjadi seorang tentara.
  4. I want to be happy/Saya ingin bahagia.
  5. He wants to be wise/Dia ingin bijaksana.

Bagaimana kalau sekarang kita buat kalimat negative dan interrogativenya? Nih, contohnya:

  1. I don’t want to be a nurse, I want to be a doctor/Saya tidak ingin menjadi perawat, saya ingin menjadi dokter.
  2. Do you want to be a teacher?/ Apakah kamu ingin menjadi seorang guru?
  3. Why do you want to be a president?/Mengapa kamu ingin menjadi seorang president?

Nah, gampang kan? Silahkan deh banyak latihan membuat kalimat. Pokoknya yang penting adalah berlatih dan terus berlatih. Jangan menyerah! Don’t give up!

4. Want + a/an/some/many/much + Noun

Kadang=kadang kita ingin mengucapkan: Aduh, saya pingin sebuah tas yang cantik lho. Nah, gimana cara mengucapkan dalam bahasa Inggrisnya? Gampang, ucapkan saja: I want a beautiful bag. Atau kita mau bilang: Dia ingin istri yang banyak. Ucapkan saja: he wants many wifes. Kita buat contoh lagi, ya? Kali ini kita buat contoh dalam kalimat positive, negative, dan interrogative.

  1. He wants a nice girl friend/Dia ingin seorang pacar yang baik.
  2. I don’t want many children/saya tidak mau banyak anak.
  3. Do you want some coffee?/Apakah Anda mau kopi?

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan tentang penggunaan want. Silahkan latihan lagi dan lagi. Jangan bosan lho… See you on the next lesson.


6 Tanggapan to “Want”

  1. sassa 11 November 2010 pada 16:15 #

    makasih ya, sudah membantu sya hr in 🙂

  2. aidaku 12 Desember 2010 pada 15:53 #

    I like this web…
    I wait the other mom

    • mbokratu 17 Desember 2010 pada 22:29 #

      Thank for your visiting 🙂

  3. ERIN PUSVITA 27 Februari 2011 pada 20:44 #

    saya mau tanya, kenapa contoh V3 nya bagian interrogative dan negative kembali ke V1?/

    misal nya to be had been, kan kalau jadi negative hadn’t..
    jadi kek mana ceritanya..?? tlg d blas

    • mbokratu 3 Maret 2011 pada 05:16 #

      Waduhh…tolong ditulis di contoh yang mana? Kalimatnya lengkapnya apa? Saya cari di topic tentang WANT kok tidak ada kalimat yang di maksud mba Erin jadi saya bingung mo jawabnya. Maaf, tolong diperjelas mbak, mungkin saya yang lagi lemot he he he

  4. Herna Parawali Carawali 28 Oktober 2012 pada 19:27 #

    thank’s yah

Tinggalkan komentar